Telp : (0370) 623375

SOSIALISASI UJIAN MADRASAH (UM) 2021/2022 DAN PENYUSUNAN PROGRAM KERJA KKMA IV LOBAR

Mataram (Humas)-Menyonsong pelaksanaan Ujian Madrasah T.P. 2021/2022, Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA IV) Lombok Barat menyelenggarakan sosialisasi pelaksaksanaan UM sesuai dengan POS UM 2022 yang diterbitkan oleh Dirjen Pendis Kemenag RI. Hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini, HJ. Lale Puspasari S. Sos (Kasi Penmad Kemenag Lobar), Dr. Abdul Hamid, S.Pd.I, M.Pd.I (Koordinator Bidang Program, Pelaporan dan Peningkatan Mutu Pendidikan RA, MI, MTs dan MA/MAK Lombok Barat), Risnawaty Jufri, M.M. Pengawas Madrasah, Setiawati Budihartati, S.Pd Pengawas Madrasah dan Akamaludi, M.Pd Pengawas Madrasah dan sebagai peserta berjumlah 21 orang Kepala MA yang ada di Kec. Gunungsari-Batu Layar. (Senin, 14 Februari 2022)

WhatsApp Image 2022-02-14 at 18.23.03.jpeg

Dalam arahannya, Kasi Penmad Hj. Lale Puspasarai, S.Sos menyampaikan, bahwa “pelaksanaan UM tahun ini silahkan penyelenggara (madrasah) melaksanakan sesuai juknis POS UM 2022 dari tahapan persiapan maupun pelaksanaannya”. Selain itu juga, Hj. Lale Psupasari menambahkan, “perlu keaktifan pihak madrasah untuk hadir setiap undangan yang kami berikan dalam pelatihan-pelatihan operator madrasah karena layanan madrasah sekarang ini semuanya berbasis tekhnologi, yakni EMIS dan SIMPATIKA. Begitu juga dalam penyusunan program KKMA IV Lobar ini merupakan momen yang bagus untuk mempermudah pengelolaan madrasah termasuk pelatihan-pelatihan operator dan tenaga kependidikan lainnya, karena dana yang tersedia di DIPA Kemenag Lobar tidak memungkinkan untuk melatih semua operator dari semua jenjang dari lembaga yang ada karena jumlahnya cukup besar” ungkapnya.

WhatsApp Image 2022-02-14 at 18.23.03(1).jpeg

Selanjutnya, Dr. Abdul Hamid selaku Koordinator Bidang Perencanaan, Pelaporan, Evaluasi Program Pengawasandan Penjaminan Mutu RA, MI, MTs, MA/MAK Kab. Lobar, dalam prolognya menyampaikan, “hadirnya SK Dirjen Pendis nomor 5852 tahun 2020 tentang Juknis Penyelenggaraan KKM ini merupakan regulasi yang cukup positif dan perlu kita jalankan salah satunya dengan memperkuat keberadaan KKM begitu juga dengan komponen yang ada dalam kepengurusannya karena KKM adalah sebagai salah satu wadah kepala madrasah untuk dapat mengkolaborasikan banyak hal.” ungkapnya

Selanjutnya pada sesi penyusunan program kerja KKMA IV Lobar, disepakati untuk melaksanakan kegiatan yang bersipat urgen seperti mensukseskan pelaksanaan UM, dimana peserta bersepakat bahwa bentuk ujian madrasah berupa tes tertulis dan bersepakat untuk menyusun kisi-kisi mata pelajaran umum dilaksanakan oleh guru di masing-masing madrasah, begitu juga penyusunan soal UM dilaksanakan oleh guru di masing-masing madrasah dengan pendampingan intensif pengawas bina. Sementara program yang bersipat jangka panjang berupa peningkatan kompetnsi kepala madrasah dan peningkatan mutu madrasah, peserta bersepakat untuk mengadakan pertemuan lanjutan pada bulan maret 2022 dengan mengakomodir usulan dari semua komponen yang ada dalam kepengurusan KKMA IV Lobar sehingga keberadaan KKMA IV Lobar dapat memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan madrasah khususnya di Lombok Barat.

Pewarta : Dr. Abdul Hamid

Editor : K. Ansori

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya