Telp : (0370) 623375

RAKERDA IPHI KAB. LOBAR TAHUN 2021

Lombok Barat_Inmas – Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Lombok Barat melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Daerah dengan tema “Senantiasa Mempertahankan Kemabruran Haji Sepanjang Masa”, bertempat di Aula Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat diikuti oleh segenap pengurus IPHI Kabupaten Lombok Barat, Ahad 10/10/2021.

KEPALA.JPG

Hadir Bapak Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si beserta jajarannya, Kakan Kemenag Lobar Dr. H. Jalalussayuthy, SS. M.Pd, Ketua IPHI NTB H. Sukiman Azmi, MM, Ketua IPHI Lobar Dr. TGH. Akhyar Fadli, M.Si, Kabag TU Kemenag NTB H. Jailani, M.Pd, Kabid PHU Kemenag NTB, Kasubbag TU Kemenag Lobar Muliarta, S.Sos, , Ketua MUI Lobar TGH. Abdullah Mustafa. Acara diawali dengan pembacaan kalam Ilahi, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menyanyikan Mars IPHI. Acara dirangakai dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama disampaikan Ketua IPHI Lombok Barat Dr. H. Mohammad Ahyar, M.Si, ia menyampaikan bahwah sejatinya Haji itu adalah tokoh di tengah-tengah masyarakatnya “ini seringkali dilupakan ketokohannya ketika diberi gelar haji sejatinya merupakan tokoh di masyarakat dimana kita berada”, menurutnya Haji Mabrur secara indipidu begitu mendapatkan gelar haji seharusnya ada perubahan yang terjadi pada diri kita dari berangkat sampai kembali ketengah-tengah masyarakat. Sedangkan mambrur secara sosial begitu mendapat gelar haji kita harus membangun komunikasi secara inten melakukan pembinaan terhadap masyaratkat sekitar kita, paparnya

Lanjut H. Ahyar, ia menekankan ada tiga hal yang perlu dilaksanakan pada rakerda pada hari ini: pertama, memaksimalkan fungsi IPHI Kabupaten Lombok Barat. Kedua, melaksanakan pendataan haji haji di Kabupaten Lombok Barat. Ketiga, untuk mewujudkan rencana-rencana IPHI tentu harus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak antaralain dunia usaha dan pemerintah daerah. Tiga hal ini yang perlu dimaksimalkan dalam rapat kerja pada hari ini, imbuhnya. Terakhir H. Ahyar menyampaikan banyak terimakasih kepada Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khlaid, S.Ag, M.Si, ketua IPHI NTB yang sekaligus Bupati Lombok timur atas kehadirannya dalam rapat kerja pada hari ini. Terimakasih juga disampaikan kepada segenap panitia yang telah menyiapkan terselenggaranya rapat kerja daerah pada pagi hari ini.

IPHI NTB.JPG

Selanjutnya Ketua IPHI NTB H. Sukiman Azmi, MM, menjabat Bupati Lombok Timur dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus IPHI Kabupaten Lombok Barat yang melaksanakan musyawarah daerah, ini merupakan musda yang ke tiga dilaksanakan di NTB, yang pertama di KLU kedua di Sumbawa dan hari ini melaksanakan di kabupaten Lombok Barat. “selamat melaksanakan musyawarah daerah kepada ketua IPHI beserta jajarannya, semoga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Lombok Barat”. Ahad, 10/10/2021. Tidak lupa ia sampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Lombok Barat yang telah berkenan hadir.

“terimakasih saya sampaikan kepada Bupati Lombok Barat beserta Jajarannya yang telah berkenan hadir dalam RAKERDA IPHI Kab. Lobar, ini sebagai wujud perhatian dalam upaya membina organisasi ini dikabupaten Lombok Barat”

H. Sukiman menambahkan, dalam musyawarah daerah ini ada beberapa hal yang ditekankan diantaranya: Pertama adalah pengurus daerah harus konsolidasi internal IPHI muali dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai dengan Desa, karena didesalah pontensi haji itu berada. Dengan demikian ketika pengurus IPHI desa sudah terbentuk maka jadilah ia Desa IPHI yang kuat akan mendukung, menopang IPHI Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga IPHI NTB akan semakin kuat pula. Kedua adalah Koordinasi, artinya melaksanakan koordinasi dengan pemerintah daerah dan lembaga yang lainnya. Yang Ketiag setelah melakssanakan Konsolidasi dan Koordinasi maka dalam melaksanakan musda ini mohon dirumuskan program kerja yang sederhana yang bisa dilaksanakan sesuai kemampuan kita. Oleh karena itu ada empat hal yang perlu diperhatikan adalah 1. Mari berpartisipasi di bidang pendidikan, IPHI Lombok Barat bisa membuat pilot projek di bidang pendidikan. 2. Bidang kesehatan 3. Koperasi Syariah Haji. 4. Mari berikhtiar untuk mengadakan sebuah tempat dimana bisa dilaksanakan manasikulhaj secara sempurna.

Yang terakhir, pengurus IPHI NTB berharap memiliki Ikatan Muballig IPHI yang orang-orangnya benar-benar tersaring dengan menegakkan kebenaran dan bermanfaat bagi masyarakatnya. Oleh karena itu kita berharap IPHI Kabupaten Lombok Barat punya ikatan muballig IPHI Lombok Barat. Jika beberapa hal tersebut dapat dilakukan maka keberadan IPHI Lombok Barat ini akan diterima oleh masyarakat kita. Pungkasnya.

Rangkaian acara dilanjutkan arahan sekaligus pembukaan oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si, saat membuka Kegiatan Rakerda IPHI Lombok Barat menyampaikan harapan mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, kemudian disamping mampu membuat program yang menyentuh jamaah haji, yang kemudian juga bermanfaat secara ekonomi. Mudahan-mudahan program itu tidak hanya tertulis tetapi juga bisa dilaksanakan,yang bisa bermanfaat bagi organisani maupun jamaah haji, paparnya.

Terkhir Bupati mengucapkan selamat melaksanakan Rakerda dan mudahnan rakerda bisa menyusun program yang baik dan juga program yang bisa direalisasikan ketengah masyarakat kita. (10/10/2021)

@K.Ansoei

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya