Telp : (0370) 623375

PEMBINAAN MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN BUDDHA LOMBOK BARAT

Lombok Barat_Inmas – Seksi Penyelenggara Buddha Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa Pendidikan Agama dan Keagamaan Buddha Lombok Barat, diselenggarakan secara hallpday hari Jum’at, 08 Oktober 2021 di Aula Rumah Makan Sukma Rasa Loang Balok Mataram. Diikuti oleh Siswa/siswi beragama Budha berjumlah 20 orang yang merupakan utusan SMA/SMK dan Organisasi Pemuda Sekber PMVBI dan Patria Lombok Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy, SS.,M.Pd, Dandim 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan, S. Sos ,. M. T bersama jajaran.

Ketua panitia Ni Wayan Wiriani, S. Pd.,M.Pd selaku Kasi Penyelenggara Buddha Kemenag Lombok Barat dalam laporannya bahwa kegiatan ini terselenggara dilatarbelakangi oleh banyaknya ujaran kebencian atau hate speech, berita bohong/hoax yang dilakukan dalam bentuk orasi, sepanduk, jejaring sosilal, penyampaian pendapat di muka umum, ceramah keagamaan baik melalui media massa cetak maupun elektronik.

3.JPG

Lebih lanjut, ujaran kebencian dan hoax ini biasa bertujuan untuk mengasut dan menyulut kebencian terhadap individu dan/atau kelompok masyarakat, antara lain atas dasar suku, agama, aliran keagamaan, keyakinan/kepercayaan, ras, antar golongan, waran kulit,etnis, gender, kaum difabel, hingga orientasi seksual. Ia mencontohkan “kasus yang baru-baru ini terjadi tentang penistaan agama yang pada akhirnya harus berhadapan dengan hukum”

Kemajmukan bangsa Indonesia merupakan satu keniscayaan, oleh karena itu menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama senantiasa merawatnya termasuk Kementerian Agama khususnya Bimas Buddha dengan melakukan kegiatan pembinaan peningkatan pemahaman keagamaan Umat Buddha terutama kepada para Siswa sebagai generasi penerus bangsa, untuk terus merawat dan memelihara kerukunan, kedamaian dan keharmonisan melalui perogram Pemahaman Keagamaan Jalan Tengah Kementerian Agama yang disebut sebagai “Moderasi Beragama” yaitu usaha-usaha penghindaran paham keagamaan yang ekstrim, lebih tepatnya adalah mengembangkan cara pandang, sikap, dan praktik beragama dengan mengutamakan Esensi Ajaran Agama yaitu yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kesejahteraan bersama, berlandasakan prinsip keadilan, berimbang, menaati kaidah dan etika moral serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan tujuan diselenggarakan kegiatan ini diantaranya: a. Untuk meningkatkan saddha/keyakinan siswa-siswi buddhis terhadap ajaran Buddha, b. Memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang moderasi beragama terhadap siswa-siswi Buddhis, c. Menumbuhkembangkan peserta didik menjadi manusia yang moderat dan mampu menghargai dan menghormati perbedaan, d. Meningkatkan kualitas generasi muda Buddhis Indonesia yang berkarakter.

Selanjutnya sambutan sekaligus membuka acara oleh Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy, SS. M.Pd menyampaikan dalam hal ini harus menjaga keutuhan NKRI dengan saling mengormati dan menghargai yang terkandung dalam sila pancasila, mengahrgai perbedaan jangan sampai terjadi ketidak harmonisan antar umat beragama. Ia mencontohkan banyak terjadi ketidak harmonisan diakibatkan karena gesekan yang ditimbulkan oleh berita hoax yang tersebar di media masa maupun elektronik, ia juga menyarankan agar menyaring dan menelaah informasi yang didapat agar tidak ikut-ikutan termakan berita bohong, paparnya. Kemudian H. Jalal menyinggung tentang indikator dari moderasi itu yaitu ada empat: Pertama, Komitmen Kebangsaan bahwa kita lahir di Indonesia harus menjaga keutuhan Indonesia tetap aman. Kedua, Toleransi dalam arti bagaimana cara kita saling menghargai dan menghormati. Ketiga, Anti kekerasan. Keempat, bagimana menerima terhadap tradisi budaya atau kearipan lokal yang tidak bertentangan dengan undang-undang dasar dan pancasila 1945. Demikina disampaikan Kakan Kemenag Lobar pada saat membuka kegiatan tersebut diatas. Jum’at, 08/10/2021.

(K. Ansori)

2.JPG

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya