Telp : (0370) 623375

Menanam Karakter Gemilang, Menuai Masa Depan Cemerlang (Kegiatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa MAN Lombok Barat)

Berangkat dari kalimat bijak bestari mengatakan “ bila penduduk suatu bangsa berakhlak mulia, maka langgenglah bangsa itu, namun sebaliknya bila karakter sudah diabaikan dan akhlak tidak lagi diperhatikan, maka tinggal akan menunggu waktu bangsa itu akan bubar”.Pembangunan karakter (mentalitas) dan akhlak terasa sangat penting dan mendesak untuk dilakukan, sebagai dampak dari perkembangan teknologi dan komunikasi, yang tidak di imbangi dengan pembangunan mentalitas yang kokoh hanya akan memunculkan generasi yang tidak bisa menjadi harapan kemajuan suatu bangsa. Pendidikan karekter saat ini telah dilakukan secara massif ditingkat pendidikan paling dasar, sampai kepada yang paling tinggi, baik secara formal maupun non formal.

Pendidikan karakter sangat ditekankan pada lembaga pendidikan (sekolah/Madrasah) agar dapat mempersiapkan peserta didik secara keilmuan dan unggul dalam kepribadian. Lembaga pendidikan ditutntut untuk menghasilkan peserta didik yang kuat dalam nilai-nilai moral, spiritual tentunya dalam keilmuan. Maka di gagaslah pelatihan pendidikan karakter Khusus oleh madrasah, yang pelaksanaannya berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 21-22 November 2022 yang bertempat di ruang LAB computer MAN Lombok Barat, dan diikuti oleh 30 anggota OSIM dan perwakilan setiap kelas, dengan menghadirkan narasumber dari Universitas Islam Negeri Mataram, seorang akademisi yang sudah diakui secara keilmuan dan ketauladanannya di tengah masyarakat, Prof Dr. Musawwar, M.Ag dengan membawakan materi “Pendidikan karakter sebagai upaya menumbuhkan sikap bijak menggunakan media social di era revolusi industry 4.0. serta pemateri kedua yaitu ibu Dr Hj Lubna , M.Pd dengan mengusung materi “Menanam karakter gemilang, Menuai masa depan cemerlang”.

WhatsApp Image 2022-11-22 at 17.20.41(1).jpeg

Kegiatan pendidikan karakter ini di buka secara resmi oleh kepala madrasah. H.Abdul Azis Faradi, M.Pd yang di damping oleh Waka Kesiswaan dan Pembina Osim, sebagai kata pengantar dalam pelatihan tersebut, kepala madrasah menjelaskan sekilas tentang urgensinya pendidikan karakter yang harus ditanamkan kepada peserta didik sebagai generasi millennial yang hidup ditengah pesatnya perkembangan tehnologi dan informasi, agar mampu adaptatif terhadap perkembangan dan perubahan zaman . Peserta didik harus memilki wawasan keilmuan yang luas, Skill yang memadai serta mentalitas karakter yang kuat dan kokoh. Maka perlu penguatan dalam diri individu agar dapat terus berkembang dan terhindar dari distorsi budaya yang tidak sejalan dengan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Selanjutnya beliau juga menjelaskan bahwa, bahwa kekuatan karakter senantiasa akan melambari ilmu pengetahuan, karena kita tidak hanya membutuhkan orang pintar, namun juga membutuhkan orang yang benar serta baik yang memancarkan keindahan prilaku dalam pergaulan bermasyarakat.Ungkapnya.

Sebagai kalimat pamungkasnya sekaligus menutup sambutannya, beliau mengucapkan sebuah pepatah Arab “ Al-Akhlaku Koblal Ilmu “ (Akhlak itu kebih tinggi daripada ilmu). Ungkapnya.

WhatsApp Image 2022-11-22 at 17.20.26(1).jpeg

Selanjutnya Pembina OSIM Muhammad Ziadurrahman, S.Pd.I, menjelaskan tentang kegiatan pendidikan dan penguatan karakter bagi peserta didik, ilmu dan karakter penting dimiliki oleh peserta didik sebagai benteng dan modal mereka dalam menghadapi fase kehidupan yang terus berubah, kalau boleh saya mengibaratkan, “Ilmu itu bagaikan garam sedangkan adab bagaikan tepung”. Maksudnya bahwa adab atau akhlak adalah sesuatu yang penting, yang harus dimiliki dalam diri seseorang sedangkan ilmu untuk sebagai pelengkap.Ungkapnya. Semoga dengan penguatan dan penanaman karakter yang cemerlang dalam diri peserta didik, akan mampu menjadikan mereka sebagai generasi yang gemilang pada masanya. Amiin Ya Robbal Alamiiin

(Maesarah, Waka Humas MAN Lobar)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya