Telp : (0370) 623375

Kunjungan FKUB dan Kemenag Lobar ke Setra Umat Hindu

Selasa, 12 Oktober 2021

Lombok Barat_Inmas - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lombok Barat, TGH. M. Subki Sasaki, M.H, didampingi oleh jajaran pengurus, bersama Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat dalam hal ini diwakili oleh Kasubbag TU Muliarta, S.Sos, Kasi Bimas Hindu Ni Wayan Sutini, M.Pd.H, dan Penyuluh Agama Hindu bertandang ke Setra (kuburan) umat Hindu di Dusun Tragtag, Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar.

Diterima oleh Pejabat Camat Lingsar, Kades Batu Kumbung, Ketua Panitia Pembangunan Pura Dalem Ciwa Gandha Pranawa, Ketua Pengurus Pura, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, tokoh pemuda, dan perwakilan masyarakat baik Hindu maupun Islam di Desa Batu Kumbung, hadir juga LPBI NU Desa Batu Kumbung. Kegiatan ini dihajatkan untuk sosialisasi kerukunan dan SKB 3 Mentri ,Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9 dan No. 8 Tahun 2006 tentang pendirian rumah ibadah.

WhatsApp Image 2021-10-12 at 20.10.52.jpeg

Ketua FKUB mengharapkan kita memelihara persatuan dan kesatuan dengan merawat kebhinekaan. “Pembangunan tempat ibadah (baru) setiap pemeluk agama, apapun agamanya, harus dibangun dengan memenuhi ketentuan yang berlaku. Selama memenuhi ketentun, rekomendasi dari FKUB pasti akan diberikan”

Kasubbag TU Kankemenag Kab. Lombok Barat, Muliarta, S.Sos yang juga merupakan Wakil Sekretaris FKUB Kab. Lombok Barat mengatakan bahwa Pemerintah dalam hal ini Kemenag mendukung peningkatan pelayanan kehidupan beragama, salah satunya melalui pembangunan tempat ibadah. Pembangunan tempat ibadah selain harus memenuhi ketentuan yang ada, juga harus diregister di Kementerian Agama. Kementerian Agama bertugas melakukan pelayanan berupa pembinaan peningkatan kualitas kehidupan beragama, bagi semua agama yang diakui sah oleh pemerintah Indonesia, termasuk agama Hindu. Sepanjang telah memenuhi persyaratan, Kemenag juga menerbitkan rekomendasi.

Rekomendasi dari FKUB dan Kantor Kemenag itu yang akan digunakan sebagai salah satu persyaratan mengurus Ijin Pembangunan Tempat Ibadah yang diajukan kepada Kepala Daerah, dalam hal ini Bupati Lombok Barat. Selasa (12/10/2021)

Red: Wir

Editor: K. Ansori

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya