Telp : (0370) 623375

KEMENAG LOBAR, PENGADILAN AGAMA GIRI MENANG DAN DUKCAPIL LOBAR SUKSES GELAR SIDANG TERPADU ITSBAT NIKAH

Kemenag Lobar (Humas)_Sidang Terpadu Itsbat Nikah sukses digelar yang diselenggarakan Pengadilan Agama Giri Menang kerjasama dengan Kemenag Lombok Barat dan Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil Lombok Barat. Agenda yang bertempat di Kantor Desa Gelangsar Kecamatan Gunungsari pada hari Jum’at 21 Oktober 2022 berjalan dengan tertib serta diikuiti dengan sangat antusias oleh masyarakat . Sebanyak 71 perkara disidangkan oleh tim Hakim Pengadilan Agama Giri Menang.

WhatsApp Image 2022-10-20 at 20.26.09(1).jpeg

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Barat didampingi Kasi Bimas Islam besrta kepala KUA Gunungsari, Ketua Pengadilan Agama Giri Menang didampingi ketua Panitera dan lima orang hakim, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Desa Gelangsar dan Kepala Dusun setempat.

WhatsApp Image 2022-10-20 at 20.26.04(2).jpeg

Kakan Kemenag Lombok Barat H. Jalalussayuthy saat dikonfirmasi mengucapkan terimakasih atas terselenggarannya kegiatan ini khususnya Pengadilan Agama Giri Menang dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lombok Barat yang turun langsung dan melaksanakan kegiatan tersebut. Karena sidang Isbat yang dilaksanakan ini untuk membantu masyarakat yang sudah menikah tapi belum memiliki buku Nikah dan Akte kelahiran anak, sehingga kepemilikan status hukum perkawinan dan kependudukan bagi masyarakat akan tercatat dalam dokumen negara.

“terima kasihnya kepada semua pihak yang membantu terwujudnya pelayanan terpadu ini”

Untuk diketahui, dengan adanya sidang terpadu maka secara langsung dapat memangkas biaya dan waktu karena Tim Hakim dan Kepaniteraan Pengadilan Agama Giri Menang langsung datang ke lokasi, ke tengah masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Pengadilan. Dalam pelayanan terpadu ini, penetapan itsbat nikah langsung dikeluarkan sesaat setelah perkara diputus oleh Hakim. Selanjutnya penetapan tersebut diserahkan kepihak KUA untuk penerbitan buku nikah. Setelah itu, berdasarkan buku nikah, Dinas Dukcapil mengeluarkan administrasi kependudukan berupa KK dan KTP baru.

WhatsApp Image 2022-10-20 at 20.26.01.jpeg

WhatsApp Image 2022-10-20 at 20.26.04(1).jpeg

Kegiatan sidang terpadu ini merupakan bagian dari menyambut Hari Santri Nasional 2022 serta program prioritas Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia dan juga Pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2015. Dengan asas Mudah, Cepat dan Biaya Ringan. (K. Ansori)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya