Telp : (0370) 623375

KEMENAG LOBAR GELAR MQK (MUSHABAQAH QIRA’ATUL KUTUB), SEMARAKKAN HSN 2021

Lombok Barat_Inmas – Dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat menggelar berbagai kegiatan seperti Musabaqah Qira’atul Qutub (MQK) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat. Selain agenda tersebut, Kemenag Lobar juga akan melaksanakan upacara bendera secara serentak pada hari Jum’at tanggal 22 Oktober 2021, di 10 lokasi se-Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan dalam rangka memeriahkan HSN 2021 di Kabupaten Lombok Barat akan di tutup dengan Goes menyapa Pondok Pesantren pada hari Sabtu 23 Oktober 2021 dan penanaman pohon sebagai bentuk keperdulian terhadap lingkungan.

1.JPG

Tampak hadir Kabag Kesra Pemkab Lobar H. Maksum, S.Pd.,M.Pd mewakili Bupati Lombok Barat, Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. jalalussayuthy, SS.M.Pd di dampingi Kasubbag TU Muliarta. S.Sos dan segenap Kepala Seksi Kemenag Lombok Barat.

H. Saiful Hamdani Kasi Pakis Kemenag Lobar selaku ketua panitia HSN 2021 saat acara pembukaan melaporkan, dalam rangka memeriahkan HSN 2021 dimana kegiatan hari santri 2021 dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 sehingga ada keterbatasan terkait dengan pelaksanaan dalam memeriahkan HSN ini. Adapun rangkaian kegiatan HSN Kemenag Lombok Barat diantaranya Musabaqah Qira’atul Qutub yang diikuti oleh beberapa Ponpes di Kabupaten Lombok Barat juga akan dirangkai dengan berbagai kegiatan yaitu puncak kegiatan Upacara Bendera yang akan dipusatkan di halaman Kantor Kementerian Agama kabupaten Lombok Barat pada hari Jum’at tanggal 22 Oktober 2021. Kemudian Upacara Bendera akan dilaksanakan di 10 lokasi se Kabupaten Lombok Barat.

Lanjut H. Saiful Hamdani, tujuan diselenggarakan MQK ini adalah untuk memberikan ajang kompetisi kepada santri/santriwati Pondok Pesantren. Membaca kitab ini merupakan ciri khas Ponpes yang bersumber dari kitab gundul/klasik. Disamping menyelenggarakan lomba MQK ini panitia juga sudah menyiapkan kegiatan-kegiatan antara lain: Goes dan touring ke Pondok Pesantren bersama Bupati Lombok Barat dan jajarannya.

Berikutnya MQK ini bertujuan juga dalam ajang silaturahim antara pimpinan Pondok Pesantren yang mungkin bisa menjadi tempat bertukar informasi baik dalam pengembangn mutu pembelajaran di masing-masing Pondok Peantren.(12/10/2021)

kabag ok.JPG

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Lobar H. Maksum, S.Pd.,M.Pd yang mewakili Bupati Lombok Barat dalam sambutannya, menyambut dengan antusias kegiatan MQK dalam rangka memeriahkan HSN 2021 ini.

“ mewakili Pemkab Lombok Barat kami sangat antusias dan menyambut dengan sangat baik apa yang dihajatkan dan digelar dalam rangka menyambut HRN 2021 di Kabupaten Lombok Barat”

Beliau menilai bahwa kegiatan MQK ini sebagai ajang silaturrhmi bagi para Santri, H. Maksum memberikan motivasi dan menyemangati para peserta untuk terus belajar setinggi-tingginya karena pemuda pada hari ini akan menjadi pemimpin pada masa akan datang, pemimpin yang memiliki rasa tanggung jawab kepada Masyarakatnya.

“Oleh sebab itu marilah perpacu berlomba dalam melaksanakan kebaikan dan menuntut ilmu karena sesungguhnya Allah tidak akan pernah mengangkat/merubah nasib dan derajat seseorang kecuali dengan ilmu”(12/10/2021)

Selanjutnya sambutan sekaligus membuka acara oleh Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. jalalussayuthy, SS.M.Pd menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada segenap panitia HSN dan berterimakasih atas terselenggarnya pembukaan MQK dalam rangkaian Memeriahkan HSN 2021.

“Bagi Santri/Santriwati yang paling pokok adalah berani tampil mengikuti lomba, masalah menang atau kalah urusan belakang karena kalah menang adalah merupakan sebuah keniscayaan. Itu yang disampaikan Kakan Kemenag Lobar pada saat membuka acara MQK", Selasa 12 Oktober 2021.

Meskipun kegiatan memeriahkan HSN 2021 dilaksanakan secara sederhana tapi tidak akan mengurangi semangat/marwah dari HSN 2021 ini. Kegiatan pembukaan HSN 2021 ini dimeriahkan oleh kelompok Hadroh binaan dari Pondok Pesantren Darussalam Bermi Gerung Lombok Barat. (12/13/2021)

_DSC0433.JPG

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya