Telp : (0370) 623375

KAKAN KEMENAG MONITORING PEMBANGUNAN SANITASI PONDOK PESANTREN

Giri Menang_Inmas- Sinergitas antara Kemenag dengan Kementerian PUPR dan Kemenkes makin terlihat saat ini. Salah satunya melalui pembangunan sarana dan prasarana sanitasi berupa fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK), IPAL dan Menara Air yang dilakukan Kementerian PUPR dan Kemenkes tahun 2021. Ini merupakan wujud partisipasi dalam pengembangan pondok Pesantren di 40 Pondok Pesantren yang tersebar di Lombok Barat, dengan total bantuan berjumlah Rp. 8.000.000.000 (delapan milyar rupiah) dengan rincian masing-masing Ponpes penerima mendapat 200.000.000.

Sehubungan dengan bantuan tersebut, Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy, SS.M.Pd didampingi Kasi Pakis H. Saiful Hamdani, S.Ag.MH beserta Tim, melaksanakan Monitoring dan Evalusi Program Pembangunan Sanitasi Pondok Pesantren. (Rabu dan Kamis, 12-13 Januari 2021)

Pelaksanaan pembangunan sanitasi Ponpes tahap 1 dan 2 sudah 100% selesai dan sudah dilaksanakan serah terima oleh Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Cipta Karya kepada pimpinan Pondok Pesantren di dua tempat yakni Hotel Lombok Plaza 24 November 2021 penerima tahap pertama dan Hotel Golden Palce 24 Desember 2021 penerima tahap 2.

"Bangunan tersebut untuk segera digunakan dan difungsikan dengan baik serta pola hidup bersih dan sehat untuk disosialisasikan dan digalakkan" Demikian disampaikan H. Jalal pada saat Monitoring kepada Pimpinan Ponpes.

Lebih dari itu, ia berharap selain menikmati manfaat dengan adanya sarpras sanitasi tersebut. Ia meminta agar para santri bisa merawat dan menjaga agar sarpras dimaksud bisa awet dan selalu tampak bersih,”imbuhnya.

WhatsApp Image 2022-01-14 at 15.29.49.jpeg

Pondok Pesantren yang dimonitoring pada hari Rabu dan Kamis merupakan penerima tahap 1 dan 2 sebanyak 7 Pondok Pesantren yaitu: Ponpes Nujumul Huda Batu Samban, Darun Nadwah Dasan Ketujur, Manba’ul Ulum Dasan Ketujur, Al-Akhyar NW Bagik Polak, At-Tahzib Kekait, Raudlatusshibyan NW Blencong dan Al-Aziziyah Kapek.

WhatsApp Image 2022-01-14 at 13.21.31.jpeg

Untuk diketahui Ponpes penerima bantuan sanitasi tahap 1 dan 2 tahun 2021 yaitu:

Tahap 1 sebanyak 17 Ponpes: Ponpes Al-Aziziyah, Ishlahul Muslimin Senteluk, PPS Wusta MQWH Al-Aziziyah, As-Sulamy Langko, Manba’ul Ulum Dasan Ketujur, Ittihad Al-Ummam, Al-Mujahidin Tempos, Hizbun Najah NW Tempos, Samsul Falah, Al-Istiqamah Telagawaru, Baitul Hidayah NW, Lombok Islamic School, Ishlahil Athfal, Ijtihadul Mu’minin, Nujumul Huda, Mubarok Luwuk Daye dan Al-Mahsun Khidir NW.

Tahap 2 sebanyak 23 Ponpes: Darunnadwah Dasan Ketujur, Raudlatusshibyan NW Blencong, Yayasan Nurul Hakim Kediri, Madrasatul Qur’aniyah Tato Sandik, At-tahzib Kekait, Darussalam Bermi, Nurul Madinah Pelulan, Al-Akhyar Nahdlatul Wathan, Darul Musthofa NW Repok, Ma’had Abu Dzar AL-Ghifari, Ar-Rasyidi NW Penimbung, Assohwah Al-Islamiyah, AL-Halimy, AlIshlahuddiny Kediri, Darul Qur’an Bengkel, Yayasan Untisyarul Ulum, Abu Abdillah Al-Islami, Al-Muslimun Nw Tegal, Ijma’iyah Babussalam, Al-Madani Pelulan, Al-Ma’arif Asy-syafi’I Qamarul Huda, Tarbiyatul Mustafid dan Al-Athfu Gunungsari. (K. Ansori)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya