Telp : (0370) 623375

Kakan Kemenag Lobar Ikut Rombongan Pemkab. Lobar Penandatangan MOU Dengan UGM

Yogyakarta, 8 Desember 2021 - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Ir. Panut Mulyono menyambut baik kerja sama antara UGM dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar).

Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja (kunker) Pemkab Lobar ke UGM dalam rangka audiensi dan pemantapan 7 (tujuh) bidang kerja sama antara UGM dan Lobar bertempat di Gedung Pusat UGM di Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu, (8/12).

"Hubungan kerja sama UGM dan NTB terutama dengan Lombok Barat sudah sangat dekat," ujar Panut Mulyono dalam kata sambutannya kepada rombongan Pemkab Lobar yang dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Lobar Drs. Agus Gunawan.

Rektor menyebut wujud hubungan yang dimaksud misalnya ada mahasiswa-mahasiswa KKN UGM yang dikirim ke Lobar.

"Kemarin saya dihubungi Kades Bagek Polak Amir (Amir Amrain, red). Kapan mahasiswa UGM KKN lagi ke tempat kami?. Kami butuh bantuan untuk penataan destinasi wisata," ujar Rektor menyebut permintaan Kades Bagek Polak, Kecamatan Labuapi, Lobar, agar desanya dijadikan tempat KKN tematik lagi.

Rektor mengatakan dari 7 bidang kerja sama yang ditetapkan akan dipilih pekerjaan riil yg diprioritaskan.

"UGM akan menyesuaikan tema KKN sesuai bidang prioritas. Ini untuk percepatan target-target pembangunan daerah Lombok Barat," jelas Panut Mulyono.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Lombok Barat Drs. Agus Gunawan pada awal sambutannya menyampaikan salam hormat dari Bupati Lobar H. Fauzan Khalid yg sudah lama ingin bertemu Rektor dan jajaran namun terhalang hadir karena ada musibah banjir di tiga kecamatan yaitu Sekotong, Gunungsari, dan Batulayar.

"Kami kena musibah, tiga kecamatan terkena banjir dan banjir bandang dengan tingkat cukup parah, ada korban jiwa dan kerusakan rumah," ujarnya.

Selanjutnya, Agus menjelaskan tujuan kunker adalah tindak lanjut hasil kesepakatan (MoU) yang perlu secara kongkret dalam bentuk perjanjian bersama dengan ruang lingkup yg sudah disepakati.

Agus menyampaikan terima kasih karena UGM memayungi Lobar sehingga visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat sesuai RPJMD sampai 2024 dengan 7 ruang lingkup melalui kerja sama bisa dilaksanakan secara bersama.

"Itu harapan kami Pak Rektor. Sungguh sangat bahagia kami bisa diterima satu rombongan. Walaupun dengan prokes, teman-teman sangat ingin silaturrahmi dengan Pak Rektor dan jajaran," terang Agus.

Dikatakan Agus, pihaknya sudah menyiapkan naskah kerja sama namun karena bupati tidak bisa hadir belum bisa ditandatangani. Pihaknya akan menjadwalkan penandatanganan MoU secara virtual melaui rapat pimpinan (rapim) II Pemkab Lobar.

Agus juga mengundang Rektor dan jajaran untuk datang ke Lombok Barat dengan kondisi Covid-19 yang cukup terkendali.

Dijelaskan Agus, Lombok umumnya dan Lobar khususnya diuntungkan dengan perhelatan World Super Bike (WSBK) yang dilaksanakan belum lama ini di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah. Dengan event internasional tersebut, 75% warga Lobar sudah divaksin dosis pertama, dan 60% dosis kedua.

"Bapak Rektor dan dekan bisa ke Lombok Barat sekalian nonton MotoGP Maret 2022," undang Agus sambil berharap tujuan MoU yang disepakati bisa diwujudkan secara bertahap.

"Atas nama Pemkab Lombok Barat mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini," kata Agus.

Panut Mulyono pada bagian lain sambutannya menyebut terkait stunting sebagai salah satu poin kerja sama, Fakultas Kedokteran UGM punya kepakaran dengan stunting. Di mana 1000 hari kehidupan pertama harus betul-betul diperhatikan. Sehingga bayi bisa tumbuh dengan baik.

"Kebetulan juga Forum Rektor Indonesia ada program stunting UGM bekerjasama dengan BKKBN," katanya.

Rektor meminta para dekan terkait agar bersama-sama mengisi kegiatan kerja sama UGM dan Pemkab Lobar.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi pertama, Bidang Aparatur meliputi peningkatan aparatur pemerintah daerah, dan kerja sama dalam bidang aparatur.

Kedua, Bidang Ekonomi mencakup optimalisasi pemanfaatan lahal tidur/kritis, peningkatan nilai tambah hasil usaha pertanian, dan meningkatkan kapasitas kelembagaan ekonomi pertanian.

Ketiga, Bidang infrastruktur di antaranya peningkatan proses perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian ruang untuk mewujudkan tata ruang wilayah, meningkatkan cakupan dan akses masyarakat terhadap tenaga kelistrikan/sumber daya energi baru terbarukan (EBT), meningkatkan penyediaan dan sistem distribusi air bersih, dan pengembangan sumber daya air.

Keempat, Bidang Pendidikan meliputi peningkatan mutu pendidikan pada semua jenis/jenjang termasuk pendidikan nonformal, peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik dan kependidikan pada semua jenis/jenjang pendidikan dan kependidikan formal dan nonformal, dan kemitraan penerimaan mahasiswa baru.

Kelima, Bidang Kesehatan yaitu meningkatkan status gizi pada balita dan ibu hamil, menurunkan kasus penyakit menular dan tidak menular, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pemberdayaan masyarakat dalam upaya kemandirian dalam bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), peningkatan pengelolaan logistik kesehatan, dan pengembangan sistem informasi kesehatan.

Keenam, Bidang Perhubungan yaitu meningkatkan sarana dan prasarana perhubungan.

Dan terakhir Bidang Komunikasi dan Informasi yaitu meningkatkan sarana dan prasarana komunikasi dan informasi.

Hadir dari pihak UGM selain Rektor di antaranya Dekan Fakultas Ilmu Budaya Dr. Setiadi, Dekan Fakultas Pertanian Ir. Jaka Widada, Dekan Fakultas Peternakan Prof. Ir. Budi Guntoro, Direktur Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional Dr. Puji Astuti, Prof. Dr. FX. Wagiman dari Fakultas Pertanian, perwakilan Direktorat Pendidikan dan Pengajaran, dan Perwakilan Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat Amin Susiatmojo.

Dari Pemkab Lombok Barat mendampingi Asisten I Agus Gunawan di antaranya yaitu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Baiq Yeni Satriani Ekawati, S.STP., Kepala Dinas Pendidikan H. Nasrun, S.Pd.,MM., Kepala Badan Pendapatan Daerah Suparlan, S.Sos, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs. H. Sabidin, Kepala Kantor Kementerian Agama Lobar Dr. H. Jalalussayuthy, Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Jamaludin, S.STP., M.H., Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (ProKopi) H. Lalu Moh. Hakam, S.STP., M.Si., Kabag Kesra H. Maksum, S.Pd, M.Pd., 7 orang camat (Narmada, Kediri, Gerung, Kuripan, Lingsar, Labuapi, dan Lembar), dan Ketua Yayasan Bina Lingkungan Lestari H.L.Rusmanto.

Redaksi: (Busyairi - ProKopi Lobar) Editor : (K. Ansori- Kemenag Lobar)

WhatsApp Image 2021-12-09 at 11.02.36.jpeg

WhatsApp Image 2021-12-08 at 16.20.19.jpeg

WhatsApp Image 2021-12-08 at 16.20.22.jpeg

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya