Telp : (0370) 623375

KAKAN KEMENAG LOBAR HADIRI WISUDA TPQ NURUL IMAN

Giri Menang_Inmas-Bertempat di Masjid Asasuttaqwa Dusun Jogot Desa Bagik Polak, Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy, SS. M.Pd bersama unsur pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Barat Tgh. M. Syukri dan Tgh. M. Nurhayat hadirri wisuda Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Nurul Iman pimpinan Usts. H. Gufron Hamdan, peserta yang diwisuda sebanyak 32 anak, dihadiri juga oleh segenap wali murid, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ahad 2 Januari 2022.

WhatsApp Image 2022-01-02 at 18.19.03.jpeg

Untuk diketahui ada 4 tujuan TPQ berdasarkan SK Dirjen Pendis nomor 91 tahun 2020. Tujuan dari TPQ menurut Juklak dimaksud dapat terbagi menjadi dua yaitu kemampuan akademis dan praktek nyata dalam kehidupan sehari hari.

Adapun tujuan dimaksud adalah agar peserta didik (santri/siswa siswi TPQ) mampu membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan kandungan al-Qur’an.

Dari pengertiannya, dapat disimpulkan bahwa ada 4 hal pokok yang menjadi tujuan Taman Pendidikan al-Qur’an yaitu supaya para santri mampu;

  1. Membaca al-Qur’an (Bertujuan supaya santri bisa membaca al-Qur’an yang menggunakan huruf arab atau huruf hijaiyah. Tentunya bukan hanya sampai disitu saja (kemampuan membaca), akan tetapi maksudnya santri dapat membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

  2. Mampu menulis al-Qur’an: Tentunya yang dimaksud disini bukanlah menuliskan mushaf al-Qur’an secara keseluruhan, akan tetapi para santri siswa siswi TPQ dapat dan memiliki kemampuan untuk menulis huruf hijaiyah arab. Kemampuan ini tentunya juga diarahkan kepada keilmuan penulisan huruf arab (khat) bukan hanya sekedar asal menulis saja. akan tetapi hal ini biasanya terhambat dengan keberadaan tenaga pengajar yang memiliki keterbatasan dalam keilmuan khat.

  3. Kemampuan Menghafal al-Qur’an: Dalam hal kategori menghafal al-Qur’an, lazimnya pelajaran hafalan TPQ adalah surat surat pada juz ‘amma, doa sehari hari serta bacaan salat. Bisa dikatakan penekanan hafalan al-Qur’an untuk lembaga Taman Pendidikan al-Qur’an berkutat pada juz 30, doa sehari hari dan hafalan bacaan salat.

  4. Mampu Mengamalkan Kandungan al-Qur’an: Tujuan keempat atau terakhir dari tujuan TPQ adalah santri mampu mengamalkan isi kandungan al-Qur’an dalam kehidupan sehari hari. Baik itu hablum minallah maupun hablum minannaas. (K. Ansori)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya