Telp : (0370) 623375

Kakan Kemenag Lobar Hadiri Sosialisasi Peraturan Bupati Lobar Nomor 41 Tahun 2022

Kemenag Lobar (Humas)_Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy, SS.M.Pd hadiri Sosialisasi Peraturan Bupati Lobar Nomor 41 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 28 tahun 2021 Pengelolaan Zakat, Infaq, Sedekah dan Dana Sosial Lainnya di Lingkungan Pemkab Lobar, bertempat di Aula Kantor Bupati, Selasa (06/09/2022).

Dalam Sosialisasi Perbup baru yang dihadiri oleh para kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa bahwa sejak tanggal ditetapkan tanggal 9 Agustus 2022 para kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa mulai membayarkan zakatnya di Baznas Lobar.

Adapun besaran Zakat, Infaq, dan Sedekah dan Dana sosial Keagaaman lainnya sesuai Perbup nomor 41 tahun 2022 adalah. kepala desa Rp 30.000, sekretaris desa Rp 25,000 dan perangkat desa Rp 20.000.

Sebeumnya Perbup nomor 28 tahun 2021 yang membayar Zakat, Infaq, dan Sedekah dan Dana sosial Keagaaman lainnya di Baznas Lobar hanya ASN, BUMD dan diikuti oleh TNI Polri.

WhatsApp Image 2022-09-05 at 21.20.04 (1).jpeg

Bupati Kabupaten Lombok Barat H. Fauzan Khalid membuka langsung sekaligus menyampaikan bahwa Sosialisasi zakat tidak hanya terfokus pada ASN dan Lembaga lainnya akan tetapi kali ini bisa mencakup desa di Lobar.

"Dengan diterbitkannya Perbup tentang penyaluran Zakat,Infaq,Sadakah dan Dana Keagamaan lainnya diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Lombok barat"terangnya.

Diharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi maka target akan terpenuhi dari target 2022 sebanyak 7 miliar dan di tahun 2023 bisa mencapai 10 miliar lebih pertahun.

Bupati 2 periode ini menjelaskan tentang klasifikasi jumlah zakat yang akan dikeluarkan oleh perangkat desa tidak serta merta mengacu pada jumlah zakat secara Islam yaitu sebanyak 2,5 persen dari jumlah penghasilan, melainkan jumlahnya disesuaikan dengan kondisi keuangan para perangkat desa mulai dari kepala desa, sekretaris dan perangkat lainnya.

"Zakat yang dikeluarkan dan dikelola tidak hanya untuk umat muslim saja melainkan untuk Dana keagamaan lainnya seperti masyarakat yang non muslim bisa disalurkan melalui dharma praja yang ada di wilayah masing-masing"pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri juga oleh para asisten, Kepala OPD, ketua MUI, ketua Baznas Lobar.

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya