Telp : (0370) 623375

Grand Opening dan Launching “Program Desa Sadar Kerukunan” Desa Kuripan Utara

Giri Menang_Inmas-Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy menghadiri Garan Opening dan Launching Program Desa Sadar Kerukunan di Desa Kuripan Utara Kecamatan Kuripan Lombk Barat. Bertempat di Aula Kantor Desa Kuripan Utara, Rabu (29/12/21).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Kab. Lobar seiring dengan ditetapkannya Desa Kuripan Utara sebagai lokasi Pilot Projek Desa Sadar Kerukunan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB tahun 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh Kanwil Kementerian Agama NTB yang diwakili oleh Kepal Subbag TU Drs. H. Jaelani, M.Pd.

5.JPG

H. Jaelani saat membuka Program Desa Sadar Kerukunan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian menyambut tahun Toleransi Kerukunan Ummat beragama 2022.

“mudahan pertemuan kita ini demi kepentingan ummat dan keharmonisan masyarakat kita”

Lanjut H. Jaelani yang pernah menjabat Kakan Kemenag Lombok Barat bahwa negara kita memang lahir dari kemajemukan yang tinggi, yang bisa melahirkan keharmonisan, keselarasan bahkan keindahan.

“Didalam perbedaan dan keberagaman ini akan tercipta satu keindahan. Akan tetapi disudut yang berbeda sangat berpotensi juga memunculkan satu konflik. Disinilah pentingnya moderasi atau jalan tengah untuk mengakomodir perbedaan itu sehingga semua merasa terayomi”, pungkasnya.

4.JPG

Dalam kesempatan yang sama Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy sangat mendukung kegiatan Program Desa Sadar Kerukunan.

“tahun 2022 adalah merupakan tahun kerukunan, untuk itu target kita di Kabupaten maupun Provinsi harus kita sukseskan dengan cara memulai kegiatan seperti ini”

“Mari kita sukseskan kegiatan ini, mari kita dukung para tokoh, para kader dan semua elemen masyarakat untuk kita sama-sama mensukseskan Program Desa Sadar Kerukunan, semoga Lombok Barat semakin rukun damai dan sejahtera ” harapnya.

Juga dalam kesempatan yang sama Kepala Bakesbangpol Lobar yang mewakili Bupati Lombok Barat menyampaikan kegiatan yang diinisiasi oleh FKUB Lobar ini merupakan salah satu kegiatan yang luarbisa dan ini perlu kita tingkatkan sebagai salah satu roolmode kedepannya kepada Desa yang lain, karena ini salah satu kegiatan berkaitan dengan kerukunan umat beragama.

“oleh karena itu dengan adanya kegiatan Program Desa Sadar Kerukunan ini merupakan kegiatan yang luarbiasa bagi Pemerinta Lobar yang bersinergi dengan masyarakat yang ada di Desa Kuripan Utara”

Sebelumnya Kepala Desa Kuripan Utara dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas terlaksannya kegiatannini.

“Terimaksaih kepada FKUB Kab. Lobar dan Kementerian Agama NTB dan Lobar tentunya atas program yang diberikan kepada Desa Kuripan Utara. Ini bagian dari literasi sebuah pendidikan bagi masyarakat kami untuk terus menjaga persatuan dalam sosial kemasyarakatan” ujarnya.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga kegiatan tiga selama 2 hari dari tanggal 29 sampai 30 Desember 2021. Pertama seminar sehari dengan 6 narasumber terdiri dari Akademisi, Budayawan, Tokoh Lintas Agama, Balai mediasi. Acara kedua yaitu acara bersih-bersih dan pembagian alat kebersihan untuk rumah ibadah dan pemasangan simbolik Bendera Merah Putih di rumah-rumah ibadah.

Peserta kegiatan dibagi menjadi dua yakni peserta pertama Pemuda Siaga Kerukunan kemudian yang kedua non Siaga Kerukunan. Pemuda siaga kerukunan ini yang akan terus mengawal dan terus mendapatkan pembinaan terkait dengan kerukunan, mediasi penanganan komflik dan pengelolaan konflik. Kemudian yang kedua peserta umum yang diambil sipatnya acak dari perwakilan baik itu dari lemaga-lembaga Desa, seluruh Kadus yang ada di Desa Kuripan Utara, penghulu, dan masyarakat lintas agama. Ini diungkapkan Ketua FKUB Kab. Lobar TGH. Subki Sasaki, MH saat menyampaikan laporan kegiatan Grand Opening Desa Siaga Kerukunan, 29/12/21.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kasubbag FKUB Kanwil Kemenag NTB beserta jajaran, Kabag Umum dan Humas Kanwil Kemenag NTB, Kasubbag TU Muliarta, S.Sos, Ketua Lembaga Mediasi Kab. Lobar, Camat Kuripan yang diwakili oleh Kasi Kesra,Segenap Pengurus FKUB Lobar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adatm, Tokoh Agama dan Tokohg Masyarakat. (K. Ansori)

2.JPG

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya