Telp : (0370) 623375

Demokrasi Terbuka, Debat Visi Misi Calon OSIM MAN 1 Lombok Barat

MAN1Lobar. Peserta didik Tingkat SLTA/Madrasah Aliyah adalah masa dimana manusia memasuki masa remaja dengan segala dinamikanya, Penuh semangat dan optimisme sekaligus sarat perkembangan posistif dan tantangan negatif. Terlebih saat ini dengan kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dimana para remaja kita dihadapkan kepada pilihan yang membutuhkan kekuatan filter, dalam hal ini Imtaq (Iman dan Taqwa) yang selalu mengiringi kemajuan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan teknologi) tersebut, sebab jika tidak maka generasi muda kita akan lebsih mudah terpapar efek negatif dari perkembangan tersebut, salah satu yang dapat mengalihkan perhatian para siswa ke arah hal posistif sekaligus sebagai wadah penyaluran minat, bakat dan kreatifitas siswa adalah kegiatan Intra sekolah seperti wadah OSIM ( Organisasi Siswa intra Madrasah ).

OSIM merupakan sebuah organisasi siswa yang berperan menjadi “penggerak” sekaligus menggerakkan siswa untuk turut aktif serta berkontribusi bagi sekolahnya sekaligus sebagai wadah bagi siswa untuk belajar berdemokrasi dan berorganisasi. Salah satu proses demokrasi yang dilalui untuk menjadi pengurus (ketua dan wakil ketua) adalah melalui proses pemilihan, proses ini juga di awali dengan mengadakan acara “Debat Calon Ketua OSIM”.

WhatsApp Image 2022-09-11 at 19.38.19.jpeg

Jum’at, 10 September 2022 ,bertempat di halaman madrasah, yang di rangkai dengan kegiatan imtaq, debat calon ketua dan wakil ketua osim berlangsung seru dan sangat meriah, Agenda tahunan dari kesiswaan kali ini bertema “Wujudkan Demokrasi Terbuka Untuk MAN Lombok Barat MANTAP” (Maju, Amanah, Nyaman, terampil dan Populis). Acara debat diawali dengan penyampaian visi dan misi dari masing-masing calon. Sebelum Penyampaian visi, misi calon ketua dan wakil ketua Osim, Ust Taufiqurrahman memberikan tausiyahnya, beliau menyampaikan bahwa setiap kita adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. Pemimpin itu di ciptakan bukan di buat, oleh karena itu seorang pemimpin harus menjadi figure dan tauladan bagi yang dipimpinnya. Kesuksesan seorang pemimpin, bilamana mampu memimpin dan menjadi figure bagi dirinya sendiri.

Tahun ini ada tiga pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM, ke tiga calon tersebut adalah perwakilan terbaik dari kelas X dan kelas XI, mereka berjuang melalui visi dan misi yang di programkan dengan sesekali memberikan argumen dan statemen yang fenomenal untuk menarik simpati dan dukungan,. Salah satu statemen dari calon ketua dan wakil ketua OSIM, yang pewarta dapat simak adalah “ pilihlah kami, karna kami akan membawa MAN Lobar ini menjadi madrasah yang damai ,tentram dan sejahtera, mendengar visi tersebut sontak suasana debat menjadi lebih hangat dan memanas, tapi tetap dalam keridor etika sopan santun.

Dalam debat ini, Kepala Madarsah sangat memberikan apresiasi terhadap ke tiga pasangan calon ketua dan wakil ketua, beliau berharap, siapapun yang terpilih nantinya, harus mampu menjadi tauladan dan penggerak untuk membangun MAN Lombok Barat untuk menjadi madrasah yang “MANTAP”. Dengan harapan mampu membangun inovasi dan kreasi yang akan membawa madrasah ini menjadi madrasah yang maju sehingga dipercaya untuk mengemban amanah mulia, dengan memperkuat kebersamaan dan saling bahu membahu dalam mendidik dan membimbing generasi yang memiliki kemampuan paripurna (inteletual, emosional dan spritual). Ungkapnya.

Semoga dengan kegiatan debat OSIM , dapat memberikan wawasan kepada siswa tentang cara berdemokrasi yang benar, dapat memilih calon pemimpin yang akan memimpin di lingkungan madrasah.

WhatsApp Image 2022-09-11 at 19.38.19(1).jpeg

Untuk para calon ketua dan wakil ketua OSIM,selamat berjuang semoga sukses..... SIAP MENANG dan SIAP KALAH Selamat berdemokrasi.......

(Maesarah, Waka.Humas MAN 1 Lombok Barat)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya