Telp : (0370) 623375

Bupati Lobar Pimpin Upacara HAB-76 Kemenag "Tranformasi Layanan Umat"

Giri Menang_Inmas-Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si memimpin upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Kementerian Agama tahun 2022 tingkat Kabupaten Lombok Barat. Upacara berlangsung di Lapangan Bupati Lombok Barat jalan Seakarno Hatta Giri Menang Gerung, dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Senin (3/1/2022)

WhatsApp Image 2022-01-03 at 12.31.36.jpeg

Peserta upacara diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kemenag Lombok Barat, Guru sertifikasi (RA,MI, MTS, MA), Guru Sertifikasi (PAI SD, SMP, SMA/SMK), Penyuluh Agama (Islam, Hindu, Budha), Siswa Madrasah Aliah dan MTS sekitar Kantor Kemenag Lombok

Dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda Lobar, Dandim Mataram, Kapolres Lobar, Forkopimda, Asisten, OPD, Kabag Kesra, Para Camat, Pejabat Eselon IV Kemenag Lobar, Pengawas Madrasah/PAI, Kepala Satker, Kepala KUA, ketua Baznas dan Ketua MUI Lobar,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Ormas (NWDI, NW, NU, Muhammadiah), unsur Bank mitra kerja dan Dharma Wanita Persatuan (DWP)

2.jpeg

Bupati Lombok Barat selaku pembina upacara, Mengutip pidato Menteri Agama, ia menyampaikan pada hari ini keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama dengan penuh rasa syukur dan suka cita. “Sebab, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua” ungkapnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Sambung Amin.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Dari perspektif tata kelola keuangan lanjut Fauzan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Merupakan capaian prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Hal tersebut menurut Fauzan sesuai amanat Menteri Agama, semua prestasi yang telah dicapai oleh merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta para ASN kemenag.

“Atas prestasi ASN yang mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja yang tinggi, Kementerian Agama pun memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara” jelas Fauzan.

Fauzan menyebutkan dari ke 79 Satuan Kerja yang menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Jokowi terdiri dari Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Melalui kesempatan tersebut ungkap Fauzan bahwa Menteri Agama Yaqut Chalil Qaumas mengucapakan selamat kepada para penerima penghargaan.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama” ungkap Menteri Yaqut sebagaimana dibacakan Amin di hadapan para peserta upacara.

Di usia yang ke-76 ini, Sebut Fauzan Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

“Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama” .

“Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Sesai tagline Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Tranformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dilakukan meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerka Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.” pungkasnya.

Sementara Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy saat diminta keterangannya terkait HAB ke-76 menyampaikan harapan agar semua elemen Kementerian Agama agar lebih cepat dalam melayani ummat dan bekerja sesuai juknis yang sudah ditentukan.

“harapan saya apa yang sudah dicapai di tahun 2021 yang bagus adan di pertahankan sementara yang belum baik akan dievaluasi untuk ditingkatkan pada tahun 2022 sehingga kedepan diusia ke 76 ini Kementerian Agama akan lebih melayani umat dengan baik sebagai fungsi rumah besar Kementerian Agama. Mudahan HAB ke-76 Kementerian Agama ini Kementerian Agama semakin jaya, semakin maju sehinga bisa dirasakan seluruh ummat yang ada di Indonesia”, harapnya

Upacara HAB ke-76 Kementerian Agama tingkat Kababupaten Lobar dirangkai dengan penyerahan penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada ASN lingkup Kemenag Lombok Barat sebanyak 75 orang ASN. Diserahkan secara simbolis kepada 9 orang ASN oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Dilanjutkan dengan pengumuman serta penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka memeriahkan peringatan HAB Ke-76. (K. Ansori)

WhatsApp Image 2022-01-03 at 12.29.24.jpeg

WhatsApp Image 2022-01-03 at 12.29.26 (1).jpeg

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya