Telp : (0370) 623375

BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH BAGI CALON PENGANTIN

Giri Menang_Inmas_Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat melalui KUA Kecamatan melaksanakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin. Kegiatan bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin dilaksanakan di masing-masing KUA Kecamatan dengan peserta 15 pasangan disetiap kegiatan.

Untuk diketahui hari rabu sampai dengan kamis (17-18/2021) Kakan Kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy, SS.M.Pd, menghadiri 3 kegiatan yang diselenggarakan oleh KUA Gunugsari, KUA Batulayar dan KUA Kediri. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada calon pengantin akan pentingnya kesiapan lahir batin menuju jenjang pernikahan.

Dr. H. Jalalussayuthy dalam arahannya disetiap kegiatan pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin menyampaikan bahwa proses mewujudkan keluarga sakinah pada dasarnya adalah adanya sikap saling memahami tugas masing-masing dalam keluarga berlandaskan rasa keterbukaan, saling percaya dengan pasangan, saling intropeksi satu sama lain, saling menghargai dengan pasangan dan menerima kekurangan serta menutupi aib pasangan, dan yang lebih penting menghargai orang tua dan mertua, karena secara kodratnya tidak ada keluarga yang mulus berjalan tanpa konflik, dan yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan bijak, katanya.

H. Jalal menambahkan, ada empat kriteria untuk mencapai keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah yakni: pertama, secara fisik terpenuhi yaitu sandang, pangan dan papan. Kedua, harus siap secara mental (baca: lahir dan batin). Ketiga, mampu bergaul atau bersosialisasi dengan sesama yakni bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Keempat, Kuat dari segi agama dengan mengamalkan perintah agama dan menjauhi larangan agama, Paparnya. (K. Ansori)

1.JPG

1.JPG

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya